CONTOH RPP PPKN K13




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran         : Pendidikan Pancasila dan Kewarnegeraan
Kelas/Semester        : VII / 2
Materi Pokok           : Perjuangan Menuju NKRI
Alokasi Waktu          : 12 x 40 Menit

Kompetensi Inti (KI)
KI 1
KI 2 

:
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli, (gotong royong, kerjasama, toleransi), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)
3.7    
:
Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
4.1
:
Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara.
4.2
:
Menyajikan tulisan singkat tentang sejarah perumusan dan pengesahan  UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.7.1
:
Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam keberagamaan suku, agama, ras budaya, dan jenis kelamin.
4.7.2
:
Menyaji bentuk partisipasi kewarnegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional.

Indikator Pencapaian Kompetensi
*      Memahami nilai kesejarahan NKRI
*      Memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia.
*      Menyajikan tulisan singkat tentang nilai kesejarahan NKRI.

Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi Peserta didik:
·         Menjelaskan pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia.
·         Memahami nilai kesejarahan NKRI
·         Menganalisis tulisan tentang nilai kesejarahan NKRI
·         Menghubungkan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan nilai kesejarahannya.

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan Peserta didik dapat:
·         Mengamati berbagai nilai kesejarahan NKRI
·         Mengolah tulisan tentang nilai kesejarahan NKRI
·         Menyajikan hasil tulisan singkat nilai kesejarahan NKRI

Materi Pembelajaran
v  Perjuangan Menuju Negara Kesatuan NKRI

Metode Pembelajaran
1.   Strategi         : PBL
2.   Pendekatan  : Saintifik
3.    Metode          :
ü  Pengamatan
ü  Diskusi Kelompok
ü  Presentasi

Alat/Media/Bahan
§  Media                     : Gambar Pesawat Selawah Agam
§  Bahan                     : Karton, spidol
§  Sumber Belajar         : Buku PPKn Kelas VIII, (hal 68-73)

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan

*      Bertanya kepada siswa contoh nilai kesejarahan NKRI
*      Menggali makna gambar tugu monumen Nasional yang ada di buku siswa.
*      Menyampaikan makna dan nilai dari gambar tersebut.

15 Menit
Kegiatan Inti :

Mengamati:
*      Membaca nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia didaerah Aceh
*      Memperhatikan gambar pesawat selawah agam yang ditempelkan guru di papan tulis.

Menanya
*      Menanyakan nilai-nilai kesejarahan perjuangan pahlawan aceh
*      Menanyakan gambar sebab adanya Pesawat seulawah agam di Aceh.

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
*      Menentukan sumber data akurat yang ada dilingkungan terkait dengan nilai kesejarahan NKRI.
*      Mengumpulkan data dari berbagai sumber baik dari masyarakat yang masih mengingat nilai sejarah NKRI
*      Mengumpulkan data dari berbagai sumber baik dari intetrnet dan masyarakat tentang adanya Pesawat seulawah agam di Aceh.

Mengasosiasikan
*      Mencari hubungan nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia didaerah Aceh
*      Mencari hubungan Indonesia dengan Aceh tentang terkait pesawat selawah agam.

Mengkomunikasikan
*      Mempresentasikan hasil analisis tentang nilai sejarah bangsa Indonesia di Aceh
*      Menyampaikan hasil temuan tentang nilai-nilai sejarah Indonesia di Aceh terkait Pesawat Seulawah Agam yang ditampilkan guru di papan tulis.

60 Menit
Penutup
*      Bersama siswa menyimpulkan nilai kesejarahan NKRI
*      Memberitahukan materi yang akan diajarkan pada pertemuan berikutnya agar siswa dapat mempelajarinya.
15 Menit

Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
*      Merefleksi pembahasan pengertian Perjuangan bangsa Indonesia dan Makna Proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik.
*      Menggali makna gambar tugu monumen Nasional yang ada di buku siswa.
*      Menyampaikan tujuan pembelajaran

15 Menit
Kegiatan Inti :

Mengamati:
*      Membaca proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
*      Mengamati tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menanya
*      Menanyakan makna  Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
*      Menentukan sumber data akurat tentang makna proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
*      Mengumpulkan data dari berbagai sumber baik dari masyarakat yang masih mengingat nilai sejarah NKRI.

Mengasosiasikan
*      Mencari hubungan NKRI dengan perilaku kebersatuan suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
*      Mencari hubungan Indonesia dengan Aceh tentang terkait pesawat selawah agam.

Mengkomunikasikan
*      Mempresentasikan hasil analisis tentang makna Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
*      Menyampaikan hasil temuan tentang makna-makna proklamasai dengan perilaku kebersatuan dalam keberagamaan suku, agama, ras, budaya dan jenis kelamin dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

60 Menit
Penutup
*      Bersama siswa menyimpulkan makna proklamasi.
*      Mengkonfirmasikan pemahaman siswa tentang makna Negara kesatuan republik Indonesia.
*       
15 Menit

Pertemuan Ketiga
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan

*      Bertanya kepada siswa contoh nilai kesejarahan NKRI
*      Menggali makna mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

15 Menit
Kegiatan Inti :

Mengamati:
*      Membaca peristiwa mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
*       

Menanya
*      Mengajukan pertanyaan “apa arti penting mempertahankan Negara Republik Indonesia”

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
*      Menentukan sumber data akurat terkait makna mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mengasosiasikan
*      Mencari hubungan nilai pemahaman  tentang memaknai nilai kesejarahan NKRI dengann mempertahankan Negara Republik Indonesia.

Mengkomunikasikan
*      Mempresentasikan berbagai makna yang terkadung dalam makna proklamasi terkait mempertahankan nilai kesejarahan NKRI
60 Menit
Penutup
*      Bersama siswa mengkonfirmasikan pemahaman makna nilai kesejarahan NKRI.
*      Melaksanakan Refleksi.

15 Menit



Pertemuan Keempat
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan

*      Merefleksi siswa tentang materi pentingnya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
*      Memfalisitasi siswa untuk mengerjakan tugas kompetensi yang ada dibuku siswa
15 Menit
Kegiatan Inti :

Mengamati:
*      Menunjukkan menghargai nilai kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menanya
*      Menanyakan nilai-nilai yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan Indonesia.

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
*      Mengumpulkan tugas-tugas yang berhubungan dengan makna  persatuan Indonesia

Mengasosiasikan
*      Menyimpulkann tentang makna persatuan Indonesia.

Mengomunikasikan
*      Mempresentasikan hasil kajian tugas.
*      Menyusun kliping mengenai nilai kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

60 Menit
Penutup
*      Bersama siswa guru menutup pembelajaran keempat dengan mengkonfirmasikan pemahaman siswa tentang memaknai nilai kesejarahan indonesia.
*      Guru meminta siswa mempelajari materi selanjutnya, tentang “Pentingnya Daerah dalam bingkai NKRI”
15 Menit
















Penilaian
1.   Tugas
Ø  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang nilai – nilai kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Ø  Mempresentasikan Tulisan dan gambar mengenai nilai-nilai kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia  di depan kelas (Format presentasi terlampir).

2.    Observasi
3.    Portofolio
4.    Tes

Sumber/ Referensi

Buku pegangan kurikulum 2013
Buku PPKn kelas VII


Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Peusangan
 Siblah Krueng



Jamaluddin, S.Pd
NIP 19570515 198403 1 008
Alue Iet,  13 Januari 2014
Guru Mata Pelajaran PKN    




Hamidah
NIP 19610203 198903 2 003

























Lampiran:
a.    Lembar Observasi dan kinerja presentasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran         : Pendidikan Pancasila dan Kewarnegeraan
Kelas/Semester        : VII / 2
Kompetensi             : KD 3.7 dan KD 4.1

No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja presentasi
Jml skor
Nilai
Akt
Tgjwb
Kerja sama
Prnsrt
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)


1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15









16









17









18









19









20










Keterangan pengisian skor

4.    Sangat Tinggi
3.    Tinggi
2.    Cukup Tinggi
1.    Kurang


PENILAIAN DIRI
Petunjuk : isilah dengan tanda cek ( ) pada kolom yang sesuai dengan kenyataan.


NO

PERNYATAAN
TP
JR
KD
SR
SI
1
Saya menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan PPKN kepada teman-teman





2
Saya bertanya kepada guru-guru hal yang berhubungan dengan mata pelajaran PPKN





3
Saya menyampaikan diri membaca artikel yang berkaitan dengan PPKN majalah/Koran.





4
Saya mendengarkan informasi yang berhubungan dengan PPKN dari radio





5
Saya menonton tayangan di televisi yang berkaitan PPKN misalnya siaran berita.





6
Saya hadir setiap ada jam pelajaran PPKN di sekolah





7
Membuat catatan yang rapi untuk mata pelajaran PPKN





8
Saya menyerahkan tugas PPKN tempat waktu





9
Saya menerapkan pengetahuan PPKN dalam kehidupan sehari-hari.





















a.    Pretes / postes

Jawablah Pertanyaan Berikut ini!

1.    Jelaskan apa yang menyebabkan bangsa Eropa melakukan Penjajahan!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….........................
2.    Jelaskan Mengapa sumpah pemuda dijadikan awal dirintisnya Negara Kesatuan Republik Indonesia!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….........................

3.    Sebutkan makna proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….........................

4.    Sebutkan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….........................















Kunci Jawaban

1.    Di Eropa mulai abad ke-15 berkembang upaya untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru di tempat lain. Hal ini berkembang menjadi upaya penguasaan bangsa Eropa terhadap wilayah lain yang pada akhirnya menjadi penjajahan terhadap wilayah tersebut. Gold, Glory dan Gospel (emas, kejayaan dan misi penyebaran agama) dijadikan alasan bangsa Eropa melakukan ekspedisi ke seluruh dunia.

2.    Karena Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 memberikan kekuatan moral bagi bangsa Indonesia untuk berbangsa satu, bertanah air satu dan berbahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia.

3.    Proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia memiliki makna sebagai berikut.
a.    Merupakan akhir penjajahan kaum kolonialis bagi bangsa Indonesia.
b.    Merupakan pernyataan kemerdekaan dan bebas dari belenggu penjajahan serta sekaligus membangun kehidupan baru menuju masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.
c.    Merupakan sumber tertib hukum nasional yang mengandung makna berakhirnya hukum kolonial dan digantikan dengan tata hukum nasional.
d.    Memberikan arah dan kewenangan bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat sejahtera dengan kekuasaan menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri.  Memberikan kesempatan kepada seluruh rakyat untuk menjadi masyarakat mandiri dan cerdas yang memiliki nilai-nilai budaya yang tinggi.
e.    Memberikan kewenangan kepada seluruh bangsa Indonesia untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara dari segala macam rongrongan.
f.     Merupakan alat hukum internasional, untuk bangsa Indonesia melakukan hubungan dan kerjasama internasional.

4.    Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas:
a.    Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
b.    Memajukan kesejahtraan umum
c.    Mencerdaskan kehidupan bangsa
d.    Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Analisis Penyelesaian Rubik 2×2 Menggunakan Grup Permutasi

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)