Yakin 2+2 = 4

Terpikir untuk posting hal yang sepele tapi berkesan ketika baru masuk kuliah di matematika, awal kenal keanehan ini (tapi menurut saya ini seni matematika) dari dosen saya. Ketika beliau sedang ngajar matematika dasar, tiba-tiba beliau nanya, “2 + 2 berapa ?” dan kita semua serentak menjawab “empat pak”, beliau tertawa kecil dan kalau tidak salah beliau berkata seperti ini “dalam kuliah matematika di semester 4 nanti, kalian akan mendapatkan bahwa 2 + 2 tidak selama hasilnya 4, bisa 3, bisa 0, dan yang lainnya”, kemudian kita nanya “kenapa pak ?”, beliau menjawab “nanti saja kalian tahu karena sekarang kalian belum cukup umur :D”.
Semua pada berpikir, padahal semenjak masih kecil kita sudah diajarkan kalau 2 + 2 = 4 dan yang paling aneh kita rasain adalah, kita kuliah di matematika yaitu ilmu pasti tapi kenapa malah “merusak” pikiran kita :D. Tapi sekali lagi itu adalah salah satu seninya matematika dari sekian yang ada.
Ternyata setelah kita dapat kuliah Struktur Aljabar, penasaran kita terjawab juga. Dalam kuliah itu kita dapat materi tentang modulo, jika kita berbicara pada Z_3 maka 2 + 2 = 1 tapi jika kita berbicara pada Z_4 tentu 2 + 2 = 0, kenapa bisa begitu ? Kalau orang matematika yang sudah mengambil matakuliah Struktur Aljabar atau Aljabar Abstract pasti tahu kenapa alasannya :D
2 + 2 = 4 atau 2 + 2 = 1 atau 2 + 2 = 0 adalah sebuah kesepakatan saja, berarti kita bisa sepakat dengan hasil yang lain dong ? tentu bisa, tapi perlu diingat bahwa kesepakatan internasional itu 2 + 2 = 4. Kesepakatan internasional itu perlu agar tidak terjadi perselisihan tentang suatu statement dari banyak kalangan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Analisis Penyelesaian Rubik 2×2 Menggunakan Grup Permutasi

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)